Friday 9 November 2012

Hati-hati Dalam Memilih Buah

Ngeri…ngeri….ngeri….kayak lagu aja ya sob :D…

Gile beneeerrr….ngeri kali nih jaman sekarang ya sob, gimana gak? Banyak kecurangan disana sini, salah satunya pada perdagangan buah, lagi-lagi itu dilakukan dengan dalih ekonomi….hufftt :(…. alasan agar buah lebih awet dll, padahal masih banyak cara lain yang lebih bijak dalam melakukan jual beli buah. Kurangnya pengawasan dan pemahaman masyarakat tentang pengetahuan serta cara memilih buah menjadi faktor terjadinya penipuan yang dilakukan oleh oknum2 yang tidak bertanggungjawab.

Dengan adanya program reportase di televisi yang menayangkan tentang praktik-praktik manipulasi dan kecurangan (seperti; pemberian formalin pada buah-buahan, menyuntikkan zat-zat berbahaya agar buah lebih terlihat segar dan manis, dll) tentunya sangat membantu bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam berbelanja agar terhindar dari petaka yang tidak kita inginkan.

Nah, sekarang kita ke tips-tipsnya ya…

1. Belilah buah yang musiman. Jangan yang bukan musimnya. Kalau musimnya mangga. Belilah buah mangga. Gak usah buah rambutan :P Lalu kalau enggak beli buah yang musimnya sepanjang tahun. Seperti pisang, nanas, pepaya, dll

2. Cucilah buah yang baru dibeli dengan air hangat. Atau detergen deterjen yang aman untuk mencuci buah-buahan.

3. Beli buah enggak usah banyak-banyak. Secukupnya aja.. Enggak usah berlebihanlah.. kalau kebanyakan bisa bagi ke ane sob :D

4. Buah-buahan jangan terlalu lama disimpan di kulkas. Karena bisa mengurangi gizi/vitamin pada buah.

5. Jika kamu beli mangga lalu pada ujungnya terdapat 2 titik. Jangan dimakan. Biasanya buah itu pos. Dan titik itu bisa jadi adalah bekas suntikan formalin.

6. Kalau mu test buat ada fomalinnya. Coba pakai Test Kit yang dijual dipasaran.

Ok Sob….demikian sekilas info.

Semoga bermanfaat……

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Special Thank's for Lasantha | Premium Blogger Development | My beloved Wife - Inank