Friday 13 September 2013

Cara Pengembangbiakan Herbal Japanese Crystal Algae / Ganggang Jepang


Dalam pengembangbiakan Ganggang Jepang ini terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan, mulai dari menentukan kualitas air yang dipilih, proses perawatan dan media pengembangbiakan, semuanya memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Kualitas Air
Syarat Fisik
Persyaratan fisik untuk air minum yang sehat adalah bening (tidak berwarna), tidak berasa, suhu dibawah suhu udara diluarnya, sehingga dalam kehidupan sehari-hari. Cara mengenal dan melihat air dengan syarat fisik yang baik tidaklah sulit karena kita dapat dengan mudah melihat dan merasakan.
Syarat Bakteriologis
Air yang sehat yang kita minum seharusnya bebas dari segala bakteri sumber penyakit. Cara memeriksa air adalah dengan pemeriksaan laboratorium. Apabila pemeriksaan dari 100 CC air terdapat kurang dari 4 bakteri E. Coli maka air tersebut sudah memenuhi syarat kesehatan.
Syarat Kimia
Kandungan bahan-bahan atau zat kimia yang ideal terdapat didalam air adalah Fluor (F) 1-1,5 mg/liter, Chlor (Cl) 250 mg/liter, Arsen (As) 0,05 mg/liter, Tembaga (Cu) 1,0 mg/liter, Besi (Fe) 0,3 mg/liter, Zat Organik 10 mg/liter, Ph (keasaman) 6,5-9,0 mg/liter, CO2 0 mg/liter.

Semakin baik kualitas air yang dipilih semakin baik pula kualitas pertumbuhan Algae. Jika anda merasa ragu dengan kualitas air disekitar anda, anda bisa menggunakan air mineral yang dijual dipasaran, biasanya sudah memalui tes uji laboratorium (lolos uji) dan melalui proses Quality Control yang ketat.

Proses Perawatan
Pastikan peralatan yang digunakan tidak terbuat dari bahan metal, bersih dari kotoran untuk menjaga higienitas Algae, dan tidak terkontaminasi dengan bahan – bahan lain, seperti terkena bahan kimia atau senyawa lainnya yang dapat merusak pertumbuhan Algae.

Media Pengembangbiakkan
Gunakan peralatan yang terbuat dari plastik atau kaca, hindari penggunaan media yang terbuat dari bahan metal, untuk menghindari penggerusan bahan logam akibat fermentasi yang terbentuk oleh Algae. Nah bagaimana dengan logam stainless yang tidak gampang berkarat? Kata tidak gampang berkarat disini bukan berarti tidak mungkin berkarat, hanya masalah waktu, bisa lebih cepat atau lebih lambat, tergantung kelembaban udara disekitarnya, perlakuan terhadap logam itu sendiri dan lain2. Untuk menghindari kontaminasi tersebut gunakanlah bahan yang relatif lebih aman.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Special Thank's for Lasantha | Premium Blogger Development | My beloved Wife - Inank